-->
RSS

Satu Demi Satu Siswa (2)

Medan, 25 September 2014  -  081/DIR/SN/14
Satu Demi Satu Siswa


Untuk menjadi seorang guru yang berhasil, penguasaan materi saja tidak cukup.  Guru perlu tahu bagaimana cara membantu siswa agar menguasai materi tersebut, dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana agar siswa tertarik untuk belajar materi tersebut.  Misalnya saat mengajarkan materi Logika Pemrograman.  Instruktur sudah mengetahui logika pemrograman dengan baik, namun bagaimana siswa bisa mengerti logika pemrograman tidak  hanya bergantung kepada pengetahuan Instruktur akan materi tersebut.

Kami lanjut memperkenalkan konsep : satu demi satu siswa
Artinya, memastikan satu demi satu siswa tuntas mengerti materi, tuntas mengerjakan latihan yang diberikan, berhasil mencapai standar kompetensi materi yang sudah digariskan di silabus.

Agar setiap siswa mencapai standar kompetensi pada setiap pertemuan maka :
  1. Instruktur perlu mengidentifikasi apakah setiap siswa sudah memahami materi dan apa kesulitan siswa di dalam memahami materi
  2. Instruktur perlu fokus membantu siswa mengatasi kesulitan tersebut.
  3. Instruktur membantu siswa melihat bagaimana materi tersebut diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga  materi menjadi nyata bagi siswa.

Kompetensi pedagogik inilah yang menjadi dasar dari pengajaran yang berhasil.

Hubungi kami jika rekan instruktur memiliki kendala atau pertanyaan terkait Proses Belajar Mengajar di Kelas, melalui email sa.instruktur@gmail.com atau tel 0812 6016 5941.

Keberhasilan satu demi satu siswa untuk mencapai keberhasilan satu kelas secara keseluruhan.


Salam,
Florence

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment