- 3Instruktur yang Inspiratif itu, Menentukan Batasan
- 180806
Pernakah rekan instruktur bayangkan atau alami jika di kelas tidak ada batasan-batasan yang ditetapkan?
Semua murid melakukan sesuka hatinya, tidak mendengarkan modul yang diterangkan, asyik mengobrol dengan teman, sibuk mengutak-atik komputer dan berakhir tidak ada materi yang mereka tangkap dari penjelasan yang sudah anda lakukan dengan maksimal.
Menghadapi kondisi yang seperti itu apa yang rekan instruktur sudah lakukan..?
Jadilah instruktur yang menginspiratif, salah satunya dengan cara menentukan batasan saat proses belajar mengajar di kelas.
- Menentukan batasan harus disepakati antara instruktur dan para murid, dengan cara ini para murid akan memahami dengan baik dan dapat bertanggungjawab atas batasan yang sudah mereka sepakati bersama.
- Terbukalah jika para murid juga memberikan batasan kepada rekan instruktur, tetapi pilah batasan yang mereka berikan apakah hal tersebut akan menghambat kinerja para rekan instruktur atau justru memberikan ide pengembangan proses belajar mengajar.
Perhatikan gambar berikut
Pernahkah rekan instruktur memberikan batasan seperti di gambar..?
Menjadi instruktur yang inspiratif harus mengerti bahwa guru/instruktur sudah banyak menerima berkat dan saat ini adalah waktu untuk menyalurkan berkat tersebut kepada para murid, dan bukan untuk ditakuti para murid. Sampaikanlah batasan-batasan yang rekan instruktur buat dengan bahasa yang benar, membangun serta membawa murid kepada suatu kedisiplinan yang sejati.Hindari memberikan batasan yang terlalu panjang dan bertele-tele, tetapi perbanyak melakukan observasi dan refleksi diri atas cara rekan mengajar agar rekan instruktur memahami dengan benar batasan yang sesuai untuk para murid.
Rekan instruktur juga dapat membuka link berikut sebagai referensi dalam pengelolaan kelas yang efektif.
Contoh penentuan batasan dengan menggunakan kalimat dan pesan yang benar
Kalimat negatif tanpa memberi arah
|
Kalimat benar yang mengarahkan
|
Dilarang mengganggu teman lain
|
Kita, sesama murid harus saling menghargai
|
Tidak boleh ribut di kelas
|
Semua murid yang ingin mengungkapkan pendapat, bisa mengangkat tangan terlebih dahulu
|
Jangan bersungut-sungut di kelas
|
Bekerja sama dengan guru dan sesama di dalam proses pembelajaran
|
Tidak boleh melawan guru
|
Rendah hati adalah fondasi dasar pertumbuhan, khususnya saat kita ditegur/dididik orangtua dan guru. Setiap murid harus mendengar dan mengikuti instruksi.
|
Dilarang malas-malasan di kelas
|
Visi jauh ke depan akan memberi kamu energi yang tiada berkesudahan.
|
Setiap batasan yang sudah ditentukan sebaiknya ada konsekuensi yang diberikan agar para murid mengerti bahwa batasan yang dibuat memang untuk ditaati. Konsekuensi yang diberikan juga dibuat dengan melibatkan para murid dan konsekuensi jangan sampai menyakiti fisik maupun psikologis para murid.
Ucapan trimakasih atau kata-kata benar lainnya wajib rekan instruktur berikan ketika batasan yang ditetapkan sudah dipatuhi para murid di setiap akhir kelas. Konsistenlah dalam menaati batasan-batasan yang sudah disepakati bersama.
Jika kau harus berteriak, lakukanlah untuk membangkitkan semangat muridmu
Rahasia pendidikan adalah menghormati sang murid
(Ralph Waldo Emerson)
******************************************************************
Renungan :
1. Apakah saya sudah menjadi instruktur yang inspiratif dengan cara menentukan batasan..?
2. Apakah kata-kata yang saya berikan kepada siswa adalah kata-kata yang membangun dan bukan menjatuhkan..?
3. Apakah saya mengetahui dengan jelas batasan yang sesuai dengan para murid..?
4. Apakah saya seorang instruktur yang terbuka ketika para murid juga memberikan batasan kepada saya..?
5. Apakah saya seorang instruktur yang mampu konsisten pada batasan yang sudah ditentukan..?
0 komentar:
Post a Comment